Kamis, 17 November 2011

Proses Belajar, Belajar Proses



Ternyata..belajar itu butuh proses.. dan menikmati proses itu butuh belajar..:D

Itu adalah pelajaran yang saya dapat selama beberapa bulan terakhir, dan simpulan dari cerita – cerita hidup saya dalam hubungan dengan karir, keluarga, Tuhan, sosial kemasyarakatan serta kesehatan.
Kemaren, dipertengahan hari..saya berdoa lebih lama, seolah – olah saya berhenti sejenak untuk melihat..sudah sejauh apa saya berlari, sedekat apa dengan tujuan hidup saya.. Karena saya merasa, melambat….dan terus terang saya sangat khawatir sekali, hehehe.
Saya mencoba untuk melihat kembali ke kehidupan saya satu persatu. Pada setiap bidang, yeahh..karena saya membagi kehidupan saya dalam 5 bidang, Ketuhanan, Keluarga, Karir, Kesehatan, Sosial Kemasyarakatan. Urutan penyebutan yang saya lakukan, tidak menunjukkkan bahwa satu bidang lebih penting daripada bidang lainnya..;)


Saya mensyukuri setiap rezeki yang diberikan pada tiap bidang tersebut, saya lakukan evaluasi satu persatu..and u know what..There’s nothing goes wrong! Ngga ada yang salah… Ngga ada yang melambat, semuanya baik – baik saja..:D Saya kemudian mikir….”saya lebay kali ya..”; “Oh bukan lebay, saya ngga mensyukuri nikmat Tuhan kali yaa.. “ Ehmm, ngga juga sih.. apa dong, oh..saya kebanyakan mau kali ya”; hmm..rasanya tuduhan kepada diri saya itu, kok masih kurang tepat ya.. saya miikiiirrr terus.. sampai akhirnya saya ketemu jawabannya “Saya kurang sabar, dan kurang ikhlas dalam menikmati proses”
Hidup itu..kombinasi rasa syukur dan rasa sabar.. Bersyukur kalo keinginan dan tujuannya tercapai, sabar..kalo dari Gusti Allah, masih belum ngasih..sabar kalo harus dikasih ujian..sabar kalo urusan kurang lancar.
Hidup itu kaya main game, makin kita naik level..makin susah tantangannya, tapi bakalan makin seru hidup,,tantangan bakalan bikin kita makin pinter.. Kemampuan kita bakalan terus meningkat, nilai tawar kita bakalan terus naik.
Hidup itu kayak nonton film.. Kadang ita dijahatin ama orang, kadang kita diketawain ama orang dan sebaliknya, kadang kita liat orang dapet hadiah milyaran, in the other hand ada orang yang idup aja susah. Kita liat orang naik mobil mewah, sebelahan sama bapak tua naik sepeda masih bawa bawaan banyak. Banyak kejadian dalam hidup..yang bikin kita senang, sedih, samaa..persis kaya nonton film, film hantu bikin kita takut; film lucu bikin kita ketawa; film romantis bikin kita….apa ya? Wkwkwk ;)

Yeah, mau ngliat idup kaya apa..it depends on you, tapi yang jelas ya…hidup itu proses..ngga ada yang serta merta turun dari langit.. ngga ada! Sama sekali ngga ada.. semuanya pake proses, sukses butuh proses; tajir butuh proses; punya keluarga butuh proses; bisa puasa sunah rutin butuh proses; and so on..ada kalanya kita harus sedih berkepanjangan sebelum dapat senang yang long lasting.  Dan kita emang harus sabar untuk menikmati proses itu, kadang..proses ini bisa lama, bisa sebentar…hehhe. Padahal semua orang pengennya cepet (ngomong sama diri sendiri,,hahhaha), tapi ngga bisa. Kita idup ngelibatin orang lain, divisi lain, klien, temen, sodara semua punya urusan masing – masing, semua juga sedang berproses.. Jadi one and only, kita harus bisa sabar dan menikmati proses.. OR, kita bakalan gampang setres, and not enjoying our life ;)

*Menurut saya…somehow, kualitas hidup kita kaya apa, justru ditentukan dari proses yang kita jalani, bukan pada hasil yang kita dapat. Hasil itu…adalah hasil dari proses yang kita lakukan ;)

2 komentar:

  1. mba...maaf klo boleh tau ini tema templatenya ambil dmn..?
    mw donk py template kek gini....
    :)

    masa blog aku cuma dpt tema dr standard blog..kan kurang gemana gitu..
    maaf mba.. aku newbie..
    :)

    BalasHapus
  2. ammmin..
    iya, setujah, hehe
    slm knal, kpn mbk nulis lgi?
    lma bner trnyta trakhir Nov 2011, kcian blognya di ank tirikan.
    haha..

    BalasHapus