Rabu, 18 Januari 2012

Mom



Sampe 31 Januari 2012, saya dan teman - teman..running sebuah program donasi, @50Harimu #SemogaHarimuMenyenangkan, karena program ini..saya jadi berkenalan dengan banyak orang, termasuk seseorang dengan yang bernama @Irf_Journey, salah satu endorser program @50Harimu. Kita belum pernah bertemu, tapi yang mengusik saya adalah bio twitnya..(waktu itu, ngga tau kalo sekarang sudah berubah) "bagaimana mungkin aku bisa melukaimu, jika rumah tinggalku dihatimu". Kalimat ini at the 1st time, terlihat sangat blaving sekali, menggombal dan sesuatu banget. Hehehe. Saya cukup lama berpikir tentang makna real dari kalimat itu. Karena saya yakin sekali , kalo mas @Irf_Journey, menuliskan kalimat itu pada bio-nya bukan untuk blaving...tapi that's the way he is.


Saya berpikir..siapa orang yang pantas mendapatkan kalimat tersebut, dalam hidup saya..dan orang yang pantas mendapatkan kalimat itu dalam hidup saya adalah... Mama ;) 
Saya pikir tidak ada orang yang lebih mengerti, lebih ikhlas dan tulus memahai saya kecuali Mama. Kalopun sekarang ini atau suatu ketika nanti ada orang yang mengerti dan memahami saya dengan sangat baik dan istimewa, tidak akan pernah bisa melebih apa yang sudah diberikan oleh beliau. 

Mari kita ngobrol dalam skup yang lebih general lagi..hehe, not only talking about my mom, tapi hubungan ibu dan anak secara keseluruhan.
Kadang - kadang saya males juga, kalo denger ada yang ngomong "Ibukku tuh ngga mau ngertiin aku!". Ini kalimat apasih? Ngga penting banget. Kenapa harus minta ibu ngertiin kita, kenapa ngga kita yang ngertiin nyokap kita. "Ibuku tuh cerewet banget, ini itu ngga boleh. Harus ini itu juga". Semua larangan, warning dan "kalimat ke-cerewet-an" nyokap kita..percayalah...kita akan merindukannya..ketika kita sudah tidak mendengarnya lagi. Semua kalimat itu, memang bisa jadi belum akan kita rasakan manfaatnya..1 menit atau 2 menit setelah beliau berbicara, tetapi... kita bakalan tau manfaanya sekian tahun mendatang. Satu - satunya orang didalam hidup kita, yang pertama kali kita kenal pernah mempertaruhkan nyawanya buat kita..adalah our mom, pas ngelahirin kita. Bokap ada disana, tapi face to face dengan maut kan nyokap. Liat deh, betapa "repotnya" nyokap harus bawa2 kita selama 9 bulanan. Segala macam dilakukan, untuk membuat kita lahir dengan sehat. Segala hal, i repeat it..segala hal. Belum kalo qt sakit, nyokap juga yang duluan care sama kita..ngasih obat..ngasih larangan ini itu, she is our eternal doctor. And so on. ;)

Hal - hal yang saya tulis diatas, semua orang tau dan ngerti. Man, semua orang pintar dan pandai dalam berteori, hehe..tetapi tidak semua orang bisa kemudian meletakkan Mom dalam first priority dalam hidupnya DENGAN IKHLAS! Here is somelist yang bisa dijadikan bahan "lelucon" :
*Kalo pacar, gebetan sahabat marah..minta maafnya ampe nangis2..dibeliin coklat, ditraktir ini itu..TAPI kalo nyokap yang marah, ditinggal masuk kamar, matiin lampu, langsung tidur..dan cuek aja ngga ngobrol selama beberapa hari. Helooo..rumah yang ditinggali, baju yang dipake dan makanan yang dimakan itu hasil kerjanya nyokap lhooo...:))
*Kalo pacar, gebetan, sahabat nitip dibeliin ini itu abis pulang kuliah atau kerja..dibela2in ampe harus muter2..TAPI kalo nyokap yang minta dijawab "aduh...udah hampir sampe nih, besok aja deh" :))
*Kalo pacar, gebetan sahabat yang ngelarang ini itu.."wah, perhatian banget kamu ya" TAPI kalo nyokap yang ngelarang "ihh..Mama tuh, ngga mau ngerti sama anaknya" :))
Hehe, itu cuma beberapa "lelucon" yang saya ingat..masih banyaklah yang lain, pasti itu..silakan diingat dan ditambah sendiri.

Nyokap memang bukan makhluk yang sempurna dan ngga pernah salah. She's also like us, human. 
Kita tentu saja, ngga bisa nuntut nyokap untuk selalu ngertiin kita..selalu bener and so on. 
Nyokap cuma pengen yang terbaik untuk kita, caranya masing - masing. Berbeda - beda. 
Berhenti untuk menuntut nyokap ngertiin kita, tapi tuntut diri kita untuk bisa ngertiin nyokap. Ngambil sisi positif dari semua hal yang dilakukan untuk kita.
Nyokap tidak akan selamanya ada didunia terus...Tuhan akan mengambilnya dari kita 10th lagi, 15 tahun lagi, 20tahun lagi atau pada waktu yang kita tidak akan tahu. 
Jangan sampai Tuhan mengambilnya, pada waktu kita belum secara total  memberikan apa yang terbaik yang kita bisa untuk nyokap.

Put mom..in our first priority..start from NOW or NEVER!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar