Minggu, 04 September 2011

Secret Code

Sekarang sudah jam setengah 12, saya sebenarnya sudah agak mengantuk..tapi saya iseng untuk ngecek facebook saya, twitter @tikayusuf dan last update status bbm teman - teman saya. Hehe, seperti biasa..ada yang bersyukur, ada yang mengeluh, memaki, lngasih tau aktifitasnya sekarang trus masang emoticon doang sampe ada yang mengganti display picture bbmnya dengan gambar piaran kesayangannya. Wkwkwkw,,saya kok ngga pernah kepikiran begitu..*yaiyalah! orang saya ngga punya piaraan..hahhaha*


Bagi saya status bbm, twitter atau facebook memiliki makna tersendiri, kita tidak akan asal saja menuliskannya. Status itu bisa merupakan refleksi emosi kita saat itu.,yang seneng mengekspresikan senang, yang sedih yaa..nuansa galau,kalau lagi marah..yaa marah - marah statusnya. Bahkan kalau kita jeli, kita bisa tahu bagaiamana gambaran emosi seseorang, aktifitas kesehariannya, sudut pandangnya, bagaiamana caranya memandang dan menikmati hidup dari status - statusnya. Hehe, jadi hati - hatilah dengan media social kita. Ngga cuman status sih, tapi foto - foto kita di facebook juga bisa menambahi gambaran, siapa kita. In strictly speaking, media social bisa menjadi semacam secret code gambaran kita secara umum. Good newsnya, facebook bisa menyimpan status - status kita dari jaman pertama kali bikin sampe recent status..ya kceuali kalo dihapus ya.. Hehe! tapi biasanya, walopun dihapus..record statusnya yang lain masih bisa disambungkan. Biasanya akan terlihat pola kecenderungan sikap atau pemikiran dari sang pemilik akun, apakah dia orang yang lucu, fun, easy going, thinker, romantis dan sebagainya. Selain dari status facebook yang punya akun, kita juga bisa lihat bagaimana cara teman - temannya memberikan comment distatus facebooknya. Apakah bercanda, mengagumi, membahas dan sebagainya. Tanggapan dari orang lain ini juga bisa masuk ke dalam kesimpulan umum si empunya akun facebook ini. Dalam sebuah buku, saya pernah membaca bahwa..teman - teman kita adalah 30% refleksi kepribadian kita. Jadi, teman yang kita punyai..juga merupakan salah satu secret code kita. Bahkan, ada yang pernah bilang, jika ingin tahu gambaran masa depan kita akan seperti apa..maka lihatlah dengan siapa kita bergaul. Gaul disini diartikan teman sepermainan atau sekerja, buku yang dibaca, website yang kita kunjungi, partai yang kita ikuti..dan seterusnya..intinya, faktor eksternal diluar kita.

Seorang teman, pernah mendebat saya..bahwa status - status tersebut bisa saja dimanipulasi untuk menimbulkan kesan positif, atau bahasa bagusnya Pencitraan. Saya bilang, itu mungkin saja..apa sih yang ngga mungkin. Menjawab pertanyaan tersebut, saya cuma bilang..mungkin ngga mahasiswa statistika, iseng - iseng pindah kelas masuk ke kelas Fisika? Mungkin saja kan..tetapi..berapa banyak sih mahasiswa yang seperti itu..10 dari 1000 orang mungkin. Orang - orang yang menurut saya melakukan pencitraan, adalah golongan 10 orang ini, bisa jadi artis, pejabat, politikus dan pesohor - pesohor lainnya. Fungsinya? menjaga nama baik, brand, kekaguman fans.

Lha kalo orang biasa kaya kita, saya yakin sekali..kita nulis status juga tanpa tendensi..apa yang kita rasa..kita tulis..betul ndak?
Bukannya saya sok asik dan sok oke, menurut saya tiap orang pasti punya sisi positif..nah mari kita kembangkan sisi positif kita itu..dimulai dari yan paling remeh temeh, menulis status facebook, twitter dan bbm yang positif - positif. Bukan berarti kita bohong karena menyembunyikan feeling negatif kita, tapi...apa ya ngga kasihan sama orang yang baca status negatif kita? Nanti kalo ketularan kepikiran negatif gimana? Nanti kalo tulisan kita ngerusak mood bagusnya gimana? Hehehe..
Trus, secret code kita yang lain..teman. Saya ngga nge-judge temen ini jelek temen itu bagus. No! tiap orang pasti
punya sisi baik, nah..yang baik - baik ini kita serap..;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar