Sabtu, 03 September 2011

Unrevealed Gift (?)

Hari ini menyenangkan sekali, saya menyelesaikan 2 buku! Heroes-nya Kick Andy, yang isinya tentang orang2 yang berjuang menembus keterbatasannya untuk kepentingan orang banyak dan Grapho for Success-nya Pak Bayu Ludvianto. Secara singkat, Grapho for Succes adalah buku tentang handwriting analysis..cukup detail, tapi harus banyak praktek dan ikut pelatihannya kalau mau maksimal. Setelah membaca saya kemudian menganalisis tulisan dan tanda tangan saya sendiri. Hahaha, yeah! more or less, bener lah..;)) Oh iya, saya juga menganalisa tulisan tangan seorang kawan..dan sepertinya benar. Hehehe.

Sesaat setelah saya selesai membaca Grapho for Success, saya jadi berpikir..apa iya ya, membaca karakter orang adalah salah satu kebisaan saya? Apa iya ini adalah salah satu passion saya ya? Sampai detik ini, saya sangat meyakini bahwa passion saya ada pada bidang public speaking, leadership, motivasi dan marketing. Dari ketiga payung besar bidang yang saya suka ini saya bisa strategic planning, programming, analisa pasar, bisnis, people development dan banyak lainnya.
I love developing people..i love motivating people.. Hmm,,bisa jadi memang membaca karakter orang adalah kebisaan saya..ini nyambung. Setiap bertemu dengan orang baru, bisa jadi itu klien atau peserta training, secara otomatis saya terdorong untuk membaca karakter mereka. Lewat pilihan kata, gesture, suara, cara mereka berinteraksi dan lainnya. Saya bisa melakukannya dengan baik dan cepat, walopun tidak benar 100%, tetapi sifat basicnya saya bisa tahu. Kemudian, saya akan melakukan penyesuaian interaksi dengan orang tersebut, apakah saya akan banyak bicara? sedikit bicara? bahasan apa yang saya angkat? pertanyaan apa yang saya kemukakan? dan seterusnya.  Lebih jauh lagi, saya akan menentukan sejauh apa orang tersebut akan masuk ke dalam hidup saya....secara general saja, agak dalam atau masuk sangat dalam ke dalam hidup saya. Apa iya saya berbakat yaa?
Yang membuat saya tidak begitu yakin, bahwa ini adalah bakat..karena menurut saya, setiap orang pasti tertarik untuk memahami dan mendalami karakter kepribadiannya. Rubrik Zodiak kan biasanya tujuan utama orang - orang beli majalah; ketika di Jogja Pagi, saya mengangkat tema cara mengetahui kepribadian berdasar tanggal lahir, bulan lahir, warna favorit, nomer hape, nama depan dan seterusnya buanyakk banget yang ikutan; program ramal ramalan premium di tivi - tivi juga banyak, berarti kan yang ikut juga banyak tuh. Berdasarkan fakta - fakta ini, mendalami karakter kepribadian adalah natur, sesuatu yang alami. Iya ngga?
Nah, kalo yang membuat saya..agak - agak yakin saya ada bakat atau passion untuk mendalami karakter orang adalah..saya tidak self-center, dalam artian..yang saya baca adalah orang lain..bukan saya. Kemudian, itu selalu dan otomatis..setiap bertemu dengan orang baru, atau orang yang menurut saya unik dan menarik. Well sebenarnya, saya selalu menyempatkan diri untuk membaca website - website dan buku yang berhubungan dengan pengetahuan tentang karakter...hmmm...;) Jadi saya selalu berusaha untuk menambah pengetahuan saya. Saya juga mempraktekannya, as i told u..kalo ketemu orang baru..saya membacanya.. Bukan saya sok dukun atau apa, cuman i love it hasil tebakan saya nantinya akan saya gunakan untuk pembentukan personality on air trainee Swaragama, mengetahui bagaimana anggota tim saya nantinya akan bekerja sama, penyelesaian konflik serta membangun hubungan sosial.

Ahaaaa! Let me know ur opinion.. hehe, thanx ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar