Minggu, 21 Agustus 2011

Obat Hati adalah Totalitas Sakit Hati ;)

Sunday Lazy Day! Sengaja saya manjakan diri saya di hari Minggu, dan tampaknya keluarga sayapun ngga keberatan kalo saya santai – santai dihari minggu! Hari ini saya berencana hang out dengan seorang kawan lama, tapi ketika saya bangun siang tadi..dia mengabarkan bahwa, rencananya dicancel karena dia harus pergi sama bokapnya..She said sorry! And I said oke J Kemudian saya mandi, trus ngeluarin mobil, karena ini sudah saatnya my lovely Jazzy dicuci(in), hahahha. On my way to the car wash, saya dengerin 101.7 Swaragama FM, Arya Chandra yang lagi siaran. Lagunya bagus – bagus aja pake banget, berturut – turut The Script (The Man Who Can’t be Moved), Mike Mohede (Besar), Rihanna (California King Bed), Owl Cities (Hot Air Balloons) trus One Republic (Appologize) dan beberapa lagu keren lainnya.
Bahkan ketika saya sudah sampai car wash pun, saya streaming Swaragama FM lewat blackberry saya. Nasionalisme Swaragama FM! Hahahhaha… puncak yang paling nendang adalah ketika Arya Chandra muterin Sheila On 7 (Buat Aku Tersenyum), itu lagu..gue banget..the soundtrack of my life.
There are so much ways, untuk membuat hidup lebih hidup. Buat saya, selain dengerin musik..cara yang lain adalah dengan tidak memelihara sakit hati, seperti kecewa, sedih, negative thingking, merasa inferior, khawatir yang berlebihan, iri and others terlalu lama. Saya suka menyebut diri saya bionic, half human and half machine. Hehehe. Ketika saya sedang menderita sakit hati, saya akan menghabiskan perasaan sakit itu dalam 1 – 3 hari, setelah itu, saya akan menekan tombol del (untuk ‘delete), dan memasukkannya ke dalam recycle bin.. (remember I am a robot, so I have such kind of recycle bin, ahahahah!)
Cara saya untuk menghabiskan perasaan bukan dengan nangis dan meratapi berlebihan, oh my God, somehow nangis penting..but kalo berlebihan that’s totally NOT me! Penghabisan perasaan sakit hati ini, biasanya akan saya isi dengan JUJUR MENERIMA KENYATAAN, TANPA TAPI! & ME-LOGIKA-KAN PERASAAN ATAU HATI. For instance, ada diantara kamu yang putus sama pacar karena dia selingkuh. Langkah pertama, terimalah kenyataan bahwa dia selingkuh. Terimalah kenyataan dan jujurlah tanpa tapi atas ekspresi hati kamu, kalo sedih bilang sedih, kalo kecewa bilang kecewa, kalo marah bilang marah dan seterusnya. Tidak perlu menyembunyikan perasaan terhadap diri sendiri, “Wahh..aku kecewa banget nih, tapi ya ngga papa sih..aku sabar aja”, atau  mengatakan pada diri sendiri bahwa “I’m oke, everything is good”. Apa salahnya sih kalo kita merasa sedih total?? Apa salahnya sih kalo kita ngga suka total?? Apa salahnya sih kalo kita sakit hati total?? Nothing…semuanya biasa aja! Note it, biasa aja..:) Reaksi sakit hati atas hal yang tidak sesuai dengan harapan kita itu HUMANIS jenderal!
Dengan melakukan “totalitas sakit hati” ini, biasanya perasaan buruk saya akan habis dalam beberapa jam..maksimal 6 jam! Ya kalo dulu, pas awal – awal latihan sih bisa sampe 1 – 3 hari, hehe! Dulu banget pas belum nemuin teori ini, malah sakit hati bisa sampe beberapa minggu bahkan bulan. Gila yaa..saya membawa beban buruk dalam waktu beberapa lama, and actually hal seperti itu tidak baik untuk psikologis kita dan pancaran aura kita. Jangan ditiru,,hehe.
Setelah melakukan “totalitas sakit hati”, kemudian saya akan melakukan feeling-healing, menyembuhkan perasaan. Ya sebenernya feeling-healing ini bisa dilakukan bersamaan dengan “totalitas sakit hati” sih, biar lebih cepet. Up to u! Tergantung kelonggaran pikiran dan hati saat itu. Step feeling-healing, akan berisi tentang me-logika-kan perasaan. Begini, saya biasanya akan melakukan tanya-jawab terhadap diri saya sendiri. Kenapa saya sedih/sakit hati/kecewa/marah/khawatir? Trus kalo saya sakit hati berkepanjangan apa untung dan ruginya buat saya? Siapa yang telah membuat saya merasa tidak baik begini? Apa posisinya dalam hidup saya? Siapa yang sebenarnya berhak untuk mengatur senang dan sedihnya saya? Apakah saya hidup hanya untuk hari ini saja? Berapa lama lagi saya akan hidup? Siapa saja orang – orang yang pengen saya buat bahagia? Dan pertanyaan – pertanyaan lain, yang akan berujung pada kesimpulan…SAYA ADALAH TUAN DARI DIRI SAYA SENDIRI AND (always remember) THIS LIFE IS MINE! Kita harus menyadari sepenuhnya bahwa remote kehidupan kita ada pada diri kita sendiri, seharusnya..orang lain tidak berhak untuk mengatur kapan kita senang, kapan kita sedih, kapan kita gagal, kapan kita sukses. WE DETERMINE OUR OWN LIFE, instead of mentioning God in our life. People, sadarlah tentang hal itu..
The last, sepenuh hati memaafkan orang yang telah menyakiti kita, underlined the word “sepenuh hati”. Menurut saya minta maaf atau memaafkan itu bukan untuk orang lain kok, tetapi untuk diri kita sendiri. Ketika kita minta maaf atau memaafkan, itu adalah salah satu tanda..bahwa kita mau moving on, bahwa kita bergerak maju, bahwa kita merubah diri kita ke arah lebih positif. Menyelesaikan masalah dan bersiap untuk menghadapi another chance, another good thing. End up, bahwa kita telah melepaskan sakit hati kata, means kita tidak lagi membawa beban ngga penting dalam usaha pencapaian hidup yang lebih baik.
Happy Sunday Lazy Day people!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar