Selasa, 16 Agustus 2011

Persepsi vs Reality

7 tahun yang lalu, saya lulus dari SMA.. ditahun terakhir, saya minta 1 hal yang extraordinary dari Tuhan..saya pengen keluar dari sekolah ini, dan menjadi lulusan terbaik! Permintaan ini sangat luar biasa buat saya, bukannya saya bego atau semacamnya..tapi selama ini saya tidak pernah berpikir mengenai akademis, menjadi juara kelas tidak pernah saya impikan karena menurut saya itu ngga penting..hahha!  Saya lebih senang disebut sebagai pemimpin alias leader ketimbang anak pintar! Pas SMA, saya jadi Ketua OSIS, Ketua MPK, Ketua Umum Lustrum SMA 9 dan SMA 10 karena 2 SMA itu memang sodaraan..serta ketua – ketua lainnya, buat saya itu membanggakan..berbicara didepan, pendapat didengarkan, populer diantara siswa dan guru..tandatangan dipake dimana – mana.. Keren! Hahahahah, payah banget nih orientasinya…*just kidding* but that’s true.. *that’s true kidding* hahahha, lupakan! Wkwkwk.

At the graduation day beberapa hari sebelum upacara kelulusan, saya diumumkan sebagai lulusan terbaik untuk program IPS! Dan banyak yang ngga percaya, bahkan mama saya.. Waktu nama saya disebut sebagai lulusan terbaik dan diminta maju oleh wali kelas mama saya malah ikut sibuk tengok kanan dan kiri, mencari orang tua si lulusan terbaik..hadehhh.. Mama.. hahahah! The story goes, pada waktu upacara kelulusan, saya naik panggung speech untuk perwakilan angkatan.. next saya naik panggung lagi, menerima penghargaan untuk lulusan terbaik plus..mengajak mama saya naik panggung. Man, it was awesome..membawa mama saya ke panggung! And that’s MY DAY! Finally, saya sukses mengakhiri masa SMA dengan outstanding..Ketua OSIS dan lulusan terbaik! Point! Alhamdulillah.
Meletakkan kebahagiaan mama saya dalam milestone hidup saya itu WAJIB hukumnya, lebih dari sekedar cita – cita atau tujuan hidup dan tentunya tidak perlu dibahas lagi, segala hal yang saya laku”kan PASTI, saya dedikasikan untuk mama saya. She’s MY LIFE! ;)
Upacara kelulusan means perpisahan, there’s no more putih abu – abu..my kicking point and  all of the existence selama SMA, sebenarnya bukan untuk saya sendiri..tapi saya berusaha untuk meng-impressed seseorang. Yang ternyata message-nya ngga nyampe…hahahhaha! Sial banget nih! Message yang nyampe ke orang tersebut adalah “Wow! Ngga penting ya..ada atau ngga ada aku, buktinya kamu bisa – bisa aja tuh!” By reality, saya memang achieved..dan I don’t know how to explained bahwa..bukan seperti itu maksudya.. Persepsi yang salah ini terbawa sampe sekian tahun, more than five years..saya pun juga tidak berusaha menjelaskan sesuatu, tapi justru saya loncat semakin tinggi.. dan pasti semakin kuatlah persepsi yang salah itu.
Setelah lulus SMA, saya semakin tahu passion saya apa, saya mau apa, saya butuh apa dan saya harus bagaimana..saya lari terus pada track yang membawa saya semakin mendekat kepada mimpi saya..saya lari tanpa menoleh ke belakang, saya tidak peduli saya sakit, saya tidak peduli saya harus pulang rumah larut dan pergi lagi lebih awal, saya dengarkan terus segala macam kritik yang membangun saya, saya kumpulkan persepsi – persepsi negatif yang menghalangi saya kemudian saya bakar! Sesekali, saya merasa malas dan capek.itu manusiawi, saya berhenti sejenak..kemudian saya lari 2 kali lebih keras untuk mengejar ketertinggalan saya. Saya berubah..mengimbangi sifat keras kepala saya yang meningkat 3 kali lipat, saya juga berubah menjadi orang yang 3 kali lipat lebih positif dan optimis, semuanya adalah MUNGKIN! Asal kita berusaha dan berdoa ;D
Mulai tahun 2008 saya mendapatkan hasilnya, saya lulusan terbaik se-universitas! Tahun 2009, berdasarkan survey yang melibatkan 1000 pendengar seJogja, yang dipilih secara random, saya menjadi penyiar favorit! Tahun 2010, penyiar favorit versi Akademia Jogja Swaragama FM, program Jogja Pagi yang saya bawakan adalah program terbaik nomer 2 se DIY, next saya  menjadi marketing manager disalah satu perusahaan dan saya mengawali beberapa bisnis saya! Itu adalah beberapa milestone dalam hidup saya, Ahamdulillah..I have others tapi akan saya share lain kali..hehe, thanx for all people yang ada untuk saya saat itu.. ;)
But u know what, saya masih merasa half-dead..saya merasa ada yang kurang.. saya kepikiran persepsi yang terbentuk untuk saya dari orang yang berusaha saya impressed beberapa tahun yang lalu …“Wow! Ngga penting ya..ada atau ngga ada aku, buktinya kamu bisa – bisa aja tuh!”. Kapan ya saya bisa ketemu dia lagi dan menjelaskan persepsi yang salah itu.. Well, sampe tahun 2010, yang berarti 6 tahun sejak saya lulus SMA , saya bahkan belum bisa menjelaskannya..saya belum tahu caranya bagaimana..kata – kata apa yang harus saya pake…
Well….
Sekarang..saya tahu penjelasan apa yang seharusnya saya berikan....”Saya adalah orang yang sama time after time, I’m alive, I’m better year by year and all of my achievements also for you. Lewat capaian yang saya dapatkan, saya tidak pernah sedikitpun meniatkan diri untuk ngasih tahu kamu, bahwa saya lebih berhasil tanpa kamu. Tapi, saya mau kasih lihat dan kasih bukti, bahwa..saya benar – benar menjadi..somebody that u’re proud of”
*****
People..kita tidak akan pernah tahu, kita akan bertemu dengan siapa nanti.. Tapi saya selalu berusaha untuk memantaskan diri bertemu dengan orang – orang hebat serta orang – orang yang special didalam hidup saya. Saya tidak mau mereka berduka cita atas kegagalan saya, saya tidak mau mereka malu. Saya ingin menjadi inspirasi, saya ingin menjadi seseorang yang selalu bisa diandalkan dan dibanggakan. That’s why, I’m pushing my self that hard.. Menjadi inspirasi dan menjadi seseorang yang bisa dibanggakan membuat saya fulfilled..membuat saya bermanfaat. Hidup ini adalah milik kita, itu betul dan itu yang selalu saya sounding..tetapi, hidupkan dirimu dengan member manfaat kepada orang lain. Tidak harus selalu menjadi nomer satu, tetapi…selalu mengusahakan yang terbaik dari dalam diri kita!
God Bless You..Amin J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar